RANCANGAN EVALUASI SIKAP SISWA DALAM
PROSES BELAJAR MENGAJAR
1. Tujuan :
- mengetahui kepatuhan dan sopan santun siswa terhadap guru
- mengetahui sikap siswa dalam Proses belajar mengajar
- mengetahui keaktifan siswa dalam Proses belajar mengajar
2. Aspek yang akan di Evaluasi
Dalam kegiatan ini yang akan di evaluasi yaitu Ranah Afektif dalam hal ini yaitu sikap siswa selama proses belajar mengajar berlangsung.
3. Tes dan tolak ukur Evaluasi
Tes yang digunakan adalah tes afektif. Sedangkan tolak ukur evaluasi ada di dalam lembar observasi.
4. Frekuensi Evaluasi
Dalam kegiatan ini dilakukan sebanyak 3 kali evaluasi yaitu pada awal semester, Pertengahan semester dan akhir semester
5. Teknik Pengumpulan Data
Dalam kegiatan ini dalam proses pengumpulan data dikumpulkan melalui pengamatan langsung berstruktur, dimana data hasil pengamatan dicatat dalam lembar observasi.
6. Pengolahan data
Dalam Kegiatan ini data diolah dengan cara pengkodean misalnya angka 1 = kurang, angka 2 = cukup, angka 3 = Baik, dan angka 4 = sangat baik
7. Analisis data
Dalam menganalisis data digunakan statistik yaitu menggunakan rataan persentase.
Keterangan : 0 – 25 % = Kurang
26 – 50 % = Cukup
51 – 75 % = Baik
76 – 100 % = Sangat baik
8. Desain Evaluasi Sikap Siswa Proses Belajar Mengajar
No | Informasi yang di butuhkan | Indikator | Metode | Responden | Keterangan | |
Teknik | Instrumen | |||||
| Sikap siswa dalam proses PBM | § Kehadiran siswa dalam kelas § Kepatuhan siswa terhadap guru § Sopan santun siswa terhadap guru § Keaktifan siswa dalam interaksi dengan guru § Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan dari guru § Perhatian siswa terhadap keseluruhan jalannya PBM § Keaktifan siswa dalam dalam diskusi | Observasi Observasi Observasi Observasi Obesrvasi Observasi Observasi | Lembar Observasi Lembar Observasi Lembar Observasi Lembar Observasi Lembar Observasi Lembar Observasi Lembar Observasi | Siswa Siswa Siswa Siswa Siswa Siswa Siswa | |
Lampiran
Lembar Observasi
Petunjuk :
Lingkari angka yang sesuai dengan pendapat anda untuk setiap pertanyaan di bawah ini. Angka 1 sampai 4 pada skala jawaban mempunyai arti sebagai berikut :
1 = Kurang, 2 = Cukup, 3 = Baik, dan 4 = Sangat baik
NO | Aspek | Nilai (Di lingkari) | Nilai | |||
1 | Kehadiran siswa dalam kelas | 1 | 2 | 3 | 4 | |
2 | Kepatuhan siswa terhadap guru | 1 | 2 | 3 | 4 | |
3 | Sopan santun siswa terhadap guru | 1 | 2 | 3 | 4 | |
4 | Keaktifan siswa dalam interaksi dengan guru | 1 | 2 | 3 | 4 | |
5 | Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan dari guru | 1 | 2 | 3 | 4 | |
6 | Perhatian siswa terhadap keseluruhan jalannya PBM | 1 | 2 | 3 | 4 | |
7 | Keaktifan siswa dalam dalam diskusi | 1 | 2 | 3 | 4 | |
Skor | | | ||||
Rata - Rata | | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar