Selasa, 26 Mei 2009

Rancangan Evaluasi Sikap

RANCANGAN EVALUASI SIKAP SISWA DALAM

PROSES BELAJAR MENGAJAR

1. Tujuan :

  1. mengetahui kepatuhan dan sopan santun siswa terhadap guru
  2. mengetahui sikap siswa dalam Proses belajar mengajar
  3. mengetahui keaktifan siswa dalam Proses belajar mengajar

2. Aspek yang akan di Evaluasi

Dalam kegiatan ini yang akan di evaluasi yaitu Ranah Afektif dalam hal ini yaitu sikap siswa selama proses belajar mengajar berlangsung.

3. Tes dan tolak ukur Evaluasi

Tes yang digunakan adalah tes afektif. Sedangkan tolak ukur evaluasi ada di dalam lembar observasi.

4. Frekuensi Evaluasi

Dalam kegiatan ini dilakukan sebanyak 3 kali evaluasi yaitu pada awal semester, Pertengahan semester dan akhir semester

5. Teknik Pengumpulan Data

Dalam kegiatan ini dalam proses pengumpulan data dikumpulkan melalui pengamatan langsung berstruktur, dimana data hasil pengamatan dicatat dalam lembar observasi.

6. Pengolahan data

Dalam Kegiatan ini data diolah dengan cara pengkodean misalnya angka 1 = kurang, angka 2 = cukup, angka 3 = Baik, dan angka 4 = sangat baik

7. Analisis data

Dalam menganalisis data digunakan statistik yaitu menggunakan rataan persentase.

Keterangan : 0 25 % = Kurang

26 – 50 % = Cukup

51 – 75 % = Baik

76 – 100 % = Sangat baik

8. Desain Evaluasi Sikap Siswa Proses Belajar Mengajar

No

Informasi yang di butuhkan

Indikator

Metode

Responden

Keterangan

Teknik

Instrumen


Sikap siswa dalam proses PBM

§ Kehadiran siswa dalam kelas

§ Kepatuhan siswa terhadap guru

§ Sopan santun siswa terhadap guru

§ Keaktifan siswa dalam interaksi dengan guru

§ Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan dari guru

§ Perhatian siswa terhadap keseluruhan jalannya PBM

§ Keaktifan siswa dalam dalam diskusi

Observasi

Observasi

Observasi

Observasi

Obesrvasi

Observasi

Observasi

Lembar Observasi

Lembar Observasi

Lembar Observasi

Lembar Observasi

Lembar Observasi

Lembar

Observasi

Lembar Observasi

Siswa

Siswa

Siswa

Siswa

Siswa

Siswa

Siswa


Lampiran

Lembar Observasi

Petunjuk :

Lingkari angka yang sesuai dengan pendapat anda untuk setiap pertanyaan di bawah ini. Angka 1 sampai 4 pada skala jawaban mempunyai arti sebagai berikut :

1 = Kurang, 2 = Cukup, 3 = Baik, dan 4 = Sangat baik

NO

Aspek

Nilai (Di lingkari)

Nilai

1

Kehadiran siswa dalam kelas

1

2

3

4


2

Kepatuhan siswa terhadap guru

1

2

3

4


3

Sopan santun siswa terhadap guru

1

2

3

4


4

Keaktifan siswa dalam interaksi dengan guru

1

2

3

4


5

Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan dari guru

1

2

3

4


6

Perhatian siswa terhadap keseluruhan jalannya PBM

1

2

3

4


7

Keaktifan siswa dalam dalam diskusi

1

2

3

4


Skor



Rata - Rata



Tidak ada komentar:

Posting Komentar